BREAKING NEWS
Loading...

Tidak Untuk Diam

Tidak Untuk Diam

Para pekerja terus dipaksa
Dengan siksa, mereka tak berdaya
Para wanita dianggap layaknya wanita
Digunakan tuk pemuas nafsu belaka
Tak mau dia melihat
Tapi kenyataan sudah tersirat
Dia geram,
Meradang untuk menantang

14 Februari seakan jadi saksi
Kala malam makin sunyi
Dengan mortir berikut senjata api
Kami tembaki, tanpa henti
Banyak gedung kami kuasai
Namun malang bagi kami
Gedung itu sudah sepi
Hanya sedikit yang mati

Kami diketahui
Oleh Penjajah negri
Kami diberi janji
Tidak dilucuti, ataupun dihukum mati
Tapi janji sekedar janji
Sebagian dari kami, ada yang dihukum mati
Dan satu pemimpin kami,
Hilang bak ditelan bumi

14 februari 2016


Buat lebih lengkap nih, banyak sumber dengan berbagai versi cerita tentang kejadian 13 yang puncaknya tanggal 14 Februari waktu lalu, dimana pemberontakan pertama ini jadi penggagas untu pemuda lain berontak tentang kedudukan Jepang di Indonesia.

Dll~
 




 

46 komentar: Leave Your Comments

  1. pertamax aman jendral, bener-bener speechless bacanya. Eh tapi ini puisi kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, engga sih, ini kayaknya lebih mirip daftar sama belanja ibu-ibu perumahan, hehe

      Hapus
  2. Waah keren. Sementara yang lain sibuk dengan valentina, ini malah nenperibgati PETA. Gila, bang, kereen

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung Indonesia ada hari besar juga nih, ben, mangkanya gue bisa nulis selain valentine haha. makasih \m/

      Hapus
  3. Typo di, "oemas" harusnya "pemuas" Jujur, gue gak nyangka aja. Pemimpin yang seharusnya bersikap atas dasar apa dia menyerang mengajak para pejuangnya.

    Namun, ia justru hilang di telan bumi, saat para pejuangnya sudah dipisahkan raga dan jiwanya. Sungguh sikap pemimpin yg buruk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ru, baru liat gue haha.

      eh, tapi engga loh, malah pemimpin ini jadi penggagas buat pemuda lainnya untuk berontak kearah pemimpinan jepang yang waktu itu kampret-kampret ru.

      Hapus
  4. asli keren banget, kau jago juga ya erd kalo bikin puisi keren ahh. sekarang hari peringatan PETA toh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak jago-jago amat di, makasih.
      iya selain valentine, ada hari besar juga yang harus kita inget. hahaha

      Hapus
  5. Yuhu~~
    Ada yang lebih penting daripada perayaan Fucklentine bang er ..
    sebagai bagian nasionalisme 14 Februari, 71 Tahun lalu pejuang kita berjuang demi bangsa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. *toss
      iya ka, harus pada inget lagi, kalau hari ini tuh ada hari besar selain valentine yang bikin pemuda lain punya semangat buat ngusir clan sora aoi :v

      Hapus
  6. Keren banget puisi nya aku suka:D
    Selamat hari peringatan pembela tanah air. Merdeka!

    BalasHapus
  7. keren puisinya
    saya engga bisa loh bikin puisi kayak gini
    temanya yg tentang negara itu yg bikin sulit buat saya
    cocok nih puisinya buat cewek

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat cewek ? udah ada R.A Kartini
      katanya ibu kita
      tapi ibuku namanya bukan Kartini

      Hapus
  8. Wah. Baru tau kalau hari ini itu hari peringatan pembela tanah air, Di. Aku ngerasa gagal jadi warga Indonesia yang punya jiwa nasionalis tinggi :(

    Habis baca puisi ini, aku mau langsung googling tentang PETA ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ngerasa gagal cha, masih banyak yang aku belum tau tentang Indonesia.
      yang aku cari tau itu pasti tentang "bagaimana menghilangkan Internet Positif" gitu, duh.

      Bagus nak, nilai IPS mu biar +9 :v

      Hapus
  9. Wah peringatan PETA bertepatan dengan hari yang katanya hari kasih sayang gitu. Umm lebih baik memperingati ini sebagai generasi bangsa yang baik *joss*

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap hari bisa jadi hari kasih sayang, hari PETA cuma satu kali dalam setahun, beuh~

      Hapus
  10. wahhhh.... diriku malah ngga tahu. thaks infonya. Untung PETA nya ngga pake aribut pink yaaa :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. njir haha :v
      awas loh mas, ke detect sama pakar sejarah, terus dilaporin hahaha

      Hapus
  11. berat juga ya bro. janji hanya janji, sebagian dikasih hidup. sebagiannya lagi di kasih mati. selamat valentine lah bro, jika dikau merayakan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berat jev, gue juga bikin ini pas mata lagi berat-beratnya. jadi gitu~
      Selamat juga, selamat hari selasa :D

      Hapus
  12. Barun ngeh ternyata selain lope-lopean ada tentara kita yang bertaruh nyawa ditanggal 14 ini
    Sebagai anak ips gue merasa gagal (;-_-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas pelajaran IPS banyak bolosnya, pasti nih :v

      Hapus
  13. 14 februari denger2 ngingetin pelajaran sejarah tentang tentara peta

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udah cocok kan jadi guru sejarah, mbak ?

      Hapus
  14. Sampai sekarang kita belum tahu bagaimana Supriyadi meninggaL. PETA mempunyai peran tersendiri bagi kemerdekaan Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mas, masih misteri gimana alm. Supriyadi di eksekusi.
      Awal bagus buat pemberontakan ke jepang huhu \m/

      Hapus
  15. Wah mengambil sisi lain 14 Februari nih. mantapp.
    14 Februari tetap penuh cinta. Cinta Tanah Air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alibi jadi singel ya gini.
      mengaitkan cinta sama negara, jadi cinta negara, beuh~

      Hapus
  16. Merinding baca nya! Keren banget Di!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu bacanya jangan deket makam. hahaha
      btw, makasih \m/

      Hapus
  17. Kereeeen paraaah. Di lain sisi gue terhura sama lu, bang. Di saat orang lain ingat palentain ditanggal 14, lu malah ingat tentang peringatan PETA. Pemuda cinta tanah air banget. Uhuk.

    Puisinya juga ngena bang. Kereeen. Aku sukaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ini gara-gara status juga ya lan ? haha
      PETA itu masa lalu yang harus terus kita inget, tapi jangan buat mantan. :v

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Kamu antimainstream banget mas :D yang lain bahas valentine, eh ini bahas tentang nasionalis dan PETA :)) mantaaaaap ah anak muda satu ini :D wkkwk hebat-hebaat :D

    Eh, kok template blogmu bagus-bagus sih -_- ajari dong di wordpress ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, makasih feb haha \m/

      wordpress ya ?
      masih bingung soalnya kalau wp, tapi coba gue ngulik dulu deh :D

      Hapus
  20. Langka nih. Suka pemilihan diksi dan tema nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pas belum buat aku masuk museum, mbak :'

      Hapus
  21. Aku PETA. Aku PETA. Aku PETA. Aku PETA. Aku PETA.
    Eh. Maafin. Kebanyakan nonton Dora nih -_-

    Seperti biasa, puisinya mantep, bang.
    Dalem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu udah cocok jadi pengendali si boots, dari nama aja hampir sama, ra :v
      makasih \m/

      Hapus
  22. Wuanjir. Keren amat ini Di!
    Sederhana, tapi beh.. keren lah! Ajarin gue nulis puisi kayak di atas dong Di XD

    BalasHapus
  23. Aku bingung mau komen apa. Ini ga bisa like aja apa kaya instagram? :( huhu

    BalasHapus
  24. Wih puisi-nya kereenn. Tiap bait puisinya serasi, enak di baca.:D

    BalasHapus
  25. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

    BalasHapus