BREAKING NEWS
Loading...

Misteri Gunung Pulosari

Gunung Pulosari yang ada di Kabupaten Pandeglang provinsi Banten, merupakan gunung yang paling sering dikunjungi para pendaki selain Gunung Aseupan dan Gunung Karang. Gunung Pulosari mempunya tinggi 1.346 mdpl yang mungkin untuk para pendaki pemula didaerah Pandeglang sangat cocok didaki sebelum pergi mendaki gunung lain yang lebih tinggi. Gunung Pulosari diperkirakan sebagai tempat keramat Kerajaan Sunda pada tahun 932 dan 1030 dibagian utara provinsi Banten sekarang. [Sumber 1]
Namun jangan salah, walaupun tinggi gunung Pulosari hanya 1.349 mdpl jalur menuju puncaknya begitu curam dan menyulitkan para pendaki. Oh iya, waktu itu saya berkesempatan berbincang dengan seorang mahasiswi yang baru pertama kali mendaki Pulosari. Ceritanya, Saya dan dua orang teman kehabisan persediaan air untuk konsumsi saat sudah mencapai kawah (daerah kawah tersebut sering dipakai para pendaki untuk mendirikan tenda) saya bersama satu orang teman memutuskan untuk turun kembali ke curug untuk mengisi beberapa botol air yang telah kosong. Setelah selesai botol air, kami berdua kembali ke kawah, dan diperjalanan bertemu dengan sekelompok pendaki dari bogor yang salah satu pendakinya baru pertama kali mengunjungi Pulosari. Sambil berjalan kami mengobrol, saling memperkenalkan diri dan saling menjual diri.. eh engga -_-

Beberapa kali saya mengunjungi Pulosari, baru pertama kali mendengar satu cerita mistis dari orang-orang sekitar, bahwa disana (puncak) kadang ada seorang kakek yang tidak muda muncul dengan menggunakan jubah putih. Gitu..
Ternyata masih ada beberapa hal mistis lainnya yang belum saya ketahui, dari situ, akhirnya saya mengetahui ternyata ada beberapa misteri di gunung Pulosari..

1. 'Ocos'

Ocos adalah sebuah Bola api yang menurut warga sekitar sering menampakan diri kepada para pendaki yang menuju arah puncak menggunakan jalur ke 3 pada malah hari. Setelahnya, warga dan pengurus wisata alam disana segera menutup pendakian jalur ke 3 untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi kepada para pendaki yang menggunakan jalur itu. Hingga sekarang misteri 'Ocos' atau bola api itu tidak diketahui oleh warga, apakah itu mata binatang hutan atau mahluk lain, entah.. 

Kalau penasaran, https://www.youtube.com/watch?v=r9Gq9a-R540

2. Raja Babi

Babi hutan mungkin bisa kita temui ketika sedang melewati hutan untuk menuju puncak gunung yang sedang didaki. Namun, ada salah satu misteri di Pulosari yang diceritakan warga sekitar tentang keanehan yang terjadi. Sebelum Kepala Desa Pulosari wafat, Pulosari adalah tempat pemasok pisang terbesar di Pandegalng yang jika sekali panen dapat menghasilkan beberapa truk pisang untuk kemudian di kirim ke Jakarta. Menurut warga, kepala desa pulosari itu pernah berkata "Berkebunlah selama saya masih ada dan masih menjabat, jangan takut akan gangguan babi hutan yang merusak kebun yang kalian tanami" Sejak saat itu, Pulosari jadi tempat pemasok pisang terbesar di Pandeglang yang jika sekali panen dapat menghasilkan beberapa truk pisang untuk kemudian di kirim ke Jakarta. Eh, ini diatas udah diketik ya -_-

Setelah kepala desa wafat, serangan hama babi sering merusak perkebunan warga sehingga menurunkan hasil panen yang warga tanam. Setelah itu warga yang mengerahakan anjing untuk memburu babi hutan tak sering mendapatkan hasil, bahkan sepuluh anjing yang warga kerahkan dapat dikalah kan dengan satu ekor babi yang ukurannya lumayan besar, hingga saat ini, babi hutan jadi musuh utama warga yang berkebun. Gitu.. 

Kalau penasaran, https://www.youtube.com/watch?v=S-8asi5sl4I

3. Suara Misterius

Ada sebuah pohon manggis yang sering dijadikan tempat istirahat para pendaki dimalam hari, biasanya disana para pendaki menghitung jumlah anggotanya sebelum melanjutkan perjalanannya. Disitulah kejadian aneh sering terjadi yang dialami para pendaki dimalam hari. 
Ribet ya -_-
Misalnya gini deh.. kita berangkat dengan 6 orang teman, kemudian istirahat dibawah pohon manggis dan kemudian berhitung untuk meyakinkan kalau ada anggota yang keluar dari barisan.. barisan mantan :3

Ubed  teriak '1
Entis teriak '2
Ahmad teriak '3
..... teriak '4
Dudung '5
Dadang '6
Dalsim '7

Nah loh, padahal kan yang ikut ngedaki ada enam, kenapa jadi tujuh ?

Itulah yang dirasakan para pendaki ketika menyusuri jalan setapak pada malam hari yang kemudian istirahat dibawah pohon manggis untuk menghitung anggotanya 

Kalau penasaran, https://www.youtube.com/watch?v=AphJSP69ex8


oOo


:v


35 komentar: Leave Your Comments

  1. anjir, mayan merinding juga ya, eh pas scroll ke bawah ada gambar kayak gitu
    kampreeet! ngagetin gw aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi pengalaman, Awal mula saya mengikuti pesugihan karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga mencapai 2Milyar lebih, awalnya saya sempat takut dan bertanya-tanya. Setahu saya yang namanya pesugihan itu pasti akan meminta tumbal seperti nyawa dari salah satu anggota keluarga dan melakukan ritual-ritual tertentu dan hal-hal menakutkan lainnya. Dan sempat bingung ketika membaca di website USTAD UJANG BUSTOMI http://pesugihanjawa69.blogspot.co.id/ apakah iya pesugihan itu memang ada yang tidak memakan tumbal. tapi selama dua hari saya berpikir akhirnya saya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghoib 3 Milyar dengan tumbal hewan, semua petunjuk saya ikuti dan hanya dua hari. Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Ternyata pesugihan ustad.ujang bustomi berbeda dengan pesugihan yang saya kenal sebelumnya, dan tidak meminta tumbal keluarga, Jika ada teman-teman disini yang sedang kesulitan masalah ekonomi. Saya menyarankan untuk menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI di 085215951837 pasti akan di bantu

      Hapus
  2. setiap gunung pasti punya penunggunya sendiri sih, bahkan di kawah Ijen yang notabene bukan gunung yang alas banget aja kata bapak2 yang nyari belerang disitu, sering denger2 dan liat sosok gaib gitu.. bahkan udah terbiasa mereka, jadi woles aja nyari tambang dibawah lereng kawah ..
    Keren !!

    Kalo di Banyuwangi kalo ada bola api bersliweran gitu biasanya ada yang perang santet bang er ..
    Ini kata temen gue yang asli penduduk Osing Banyuwangi, jadi ya gitu santet macem2 bentuknya, ada yg bola api, ada yg sekilas bayangan, ada yg dikirim dari tanah .. Hiii ngeri !!
    Luas deh kalo dunia gaib itu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener sih, ka.
      kalau yang di pulosari itu lagi perang santet, ngeri juga gue kalau bola itu nyasar

      Hapus
  3. Rasanya emang gak aneh sih kalau di gunung ada beberapa kejadian semacam di atas. Selain karena alam terbuka ya banyak hidup berkeliaran juga toh disana. Tapi sayangnya, saya belum pernah merasakan langsung sih rasanya naik gunung itu gimana dan atmosphere yang ada itu kayak gimana. Mentok mentok kaki gunung salak, itu pun acara di sekolah.
    Ehiya, tapi apa hubungannya dengan barisan para mantan ya, Bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus coba lagi, di. biar refresh otak~
      iya, jangan ada mantan dibarisan temen yang mau mendaki, bikin repot nanti

      Hapus
  4. serem juga ya.. ada kakek kakek, bola api juga. banyak misteri ya di balik gunung pulosari.
    kampret pas kebawah gambarnya bikin kaget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue aja baru tau yang orang situ. duh
      hehe

      Hapus
  5. Asem gambar terakhir bikin kaget aja
    Tapi emang sih sob, tiap tempat pasti ada penghuninya, di makassar juga ada sob gunung bawakareng yang angkernya ngeri parah katanya sih ada pasar malamnya, kalau sudah masuk malam biasanya di pendaki mendengar orang teriak-teriak macam di pasar tapi pas didekati ternyata tidak ada tapi suara jelas kok.

    Itu yang bola api, namanya ocos yah, gimana bentuknya tuh apa segede bola basket atau gimana gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya bawakareng, gue pernah denger ceritanya tuh tentang pasar malam setan disana, ngeri, ga kebayang kalau gue yang ngalamin ngedenger kaya gituan, duh

      Hapus
  6. Kok serem :( itu pas ngitung anggota pendakinya, bisa-bisanya ngitung anggota sampe lebih.
    Aaaaa

    Itu bola apinya kayak terbang di udara gitu ya bang Er?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka deh link no 3, lan. biar ga penasaran denger setan yang lagi ngitung haha.
      terbang ngikutin yang lagi ngedaki lan, mantep kan

      Hapus
  7. Saling menjual diri. Bahahahaha :'D
    Yang poin terakhir, kirain anggota pendakinya bakal berkurang banyak, eh ternyata nambah. Kok serem banget ya, Di. Tapi kayaknya lebih serem kalau anggota yang nambah satu itu ternyata mantan yang awalnya nggak ikut ngedaki, trus nambah satu lagi yang ternyata pacar barunya mantan. Serem banget. *ini apa dah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung ga beneran bilang gitu, cha, kalau bilang gitu pas lagi naek, pasti sampe sekarang aku masih digunung dan gabisa pulang karna ngomong asal, haha
      iya, mangkanya mending sosok lain yang ambil andil dalam berhitung asal jangan mantan yang lebih menyeramkan dari mahluk itu, eh

      Hapus
  8. Anjir nambah sendiri. Kampret bet itu. Si hantunya ikutan ngitung. Asli kampret. Mending bikin cerpen deh, bro, dari mitos begini. Pasti asik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat deh, us, ada penampakannya juga di no 3. hahaha
      iya bener, gue coba buat cerpen deh.

      Hapus
  9. bukan rahasia lagi kalau gunung2 itu misterinya banyak. lucu juga, ternyata bola2 api itu namanya ocos yak.. kalau suara2 misterius kayakny ahal yang wajar2 aja. makanya juga, nggak heran tuh banyak orang ilang waktu hiking yang katanya... mereka masuk ke dimensi lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya namanya itu, gue aja baru denger pertamakali.
      ngeri juga kalau yang masih idup harus pergi kedimensi lain, ga kebayang dah

      Hapus
  10. Anjir horor juga itu Raja Babi. Tapi kalo gue ada di jaman dulu dan ketemu dia, pasti refleks ketawa sih. "Tenang aja! Silakan kalian berkebun! Babi-babi pada takut sama saya!" Gue: "Hahahahahahaha babi pada takut! Hmmm. Oh gitu, oke mari kita berkebun!"

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lu bakal berkebun di HarvestMoon pasti, di haha

      Hapus
  11. Bola api namanya ocos? kok lucu ya ._. kayak nama cemilan gitu *ANJIR NGEBERCANDAIN SETAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. geli ya namanya haha, udah liat langsung gajadi bilang geli kayaknya gue

      Hapus
  12. Yang dipohon manggis itu anjir serem juga ya. Bisa nambah satu gitu orangnya. Untuk satu enggak 4 entyar keluiarga bahagia kalo 4 mah.

    Geblek gua kaget liat gambar terakhirnya. Tapi gua #tidaktakut kok, cuma kaget geblek. -_-

    BalasHapus
  13. bola api di gue namanya kemamang/lampor. biasanya berbentuk kepala manusia sih, tapi kayak tengkorak gitu dan nyala apinya kayak banaspati. hehehehe....

    kalau ndaki, biasanya kalau ngak fokus gitu ngitung bisa lebih dari orangnya, hehehe antara sadar nggak sadar sih... pernah juga suara gamelan atau orang nyinden. Yaa gunung emang tempatnya alam-alam goib. Bisa dijadikan emang daerah asalnya atau emang jin-jin pada dibuang....

    btw, gambar yang bawah kampret banget yaa -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak ghost raider gitu, yu ?
      ngeri juga

      lebih ngeri itu berarti yang suara nyinden -_-

      Hapus
    2. Iyaaa bang, dan cuma kepalanya aja terbang terbang. Ekwkwk....


      Hapus
  14. Bola api? Kalo gelap panggil dia aja biar terang jalannya -> ini apa?

    Belum pernah daki gunung sebelumnya, tapi emang di gunung masih banyak banget mitosnya (katanya) kek di gunung ini penghuninya itu, gunung itu penghuninya ini, gak boleh begini, gak boleh begitu. Kita sebagai pendaki harus bisa jaga sikap dan perilaku selama ada disana -> sok bijak.

    Btw aku coba klik tulisannya gak bisa lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ternyata yang diklik angkanya..

      Hapus
    2. APANYA YANG DIPANGGIL -__-
      ngeri yang ada. haha
      eh tapi iya, ki. banyak larangan juga kalau mau ngedaki.
      lain kali klik nomornya hahaha

      Hapus
  15. Ane pernah ngedaki disnaa jam 12 malem alhamdulilah aman ga ada apa apa, cuma pas pulang aja ada yg ketawa sma nangis di turunan gunung siang jam 12, saran ane jgn ngomong macem macem klo di gunung tmn hampir jatoh ke jurang juga soalnya untung udh pro jdi reflek megang ajar pohon

    BalasHapus
  16. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    BalasHapus
  17. Berbagi pengalaman ajah :3
    Waktu ngedaki 3 orang ke sana merasa seperti ada 4 orang dan ketika sampai di pundak gunung sebelumnya saya hanya iseng membuat Vidio untuk dokumentasi selama 1 menit eh ternyata dapet penampakan T_T setelah itu saya buang air kecil di depannya karena saya tidak tahu kalau di depannya itu ada penampakan karena saya tahu setelah saya membuang air kecil tersebut untungnya dia tidak marah . Dan untuk yang kedua kalinya saat saya kembali naik mendengar suara burung yang berubah menjadi suara tangisan. Sekian pengalaman saya naik gunung Pulosari saran dari saya jaga berbicara, selalu berdoa dalam hati, permisi permisi saat buang air

    BalasHapus
  18. Ass..saya sangat bersyukur kepada ALLAH karna atas kehendaknya yg telah mempertemukan saya dgn KIYAI_JAYA dan atas bantuan KIYAI_JAYA yg melalui jalan togel ini saya sekaran bisa sukses dan sudah mempunyai usaha sendiri,nomor ritual KIYAI_JAYA meman selalu tepat dan terbukti dan bagi anda yg ingin sukses seperti saya silahkan hubungi KIYAI_JAYA di nomor beliau 0823_4853_5599 saya sih dulunya tidak percaya tp klau dipikir2 tidak ada salahnya juga saya coba mengikuti nomor ritual KIYAI_JAYA dan ternyata ALHAMDULILLAH berhasil,,!!! silahkan anda juga buktikan sendiri.

    BalasHapus