BREAKING NEWS
Loading...

Anak Sekarang Mah Pulang Main Kalau Batre Handphone Abis

Makin kesini, teknologi makin kampret ya.
Ada drone, robot anjing, sama macem-macem barang elektronik yang makin kampret lah pokoknya.

Teknologi yang maju juga bisa mempermudah segala sesuatu pekerjaan manusia, memanjakan. 
Dunia gadget juga termasuk, handphone, makin kesini makin canggih-canggih, kameranya ada yang bisa nyaingin kamera DSLR. Gamenya juga, para pengembang game berlomba-lomba membuat satu produk yang nantinya bisa dimainkan oleh si pengguna gadget diseluruh dunia.

Selain flappy bird si burung gampangan (sentuh dikit naik, sentuh dikit naik)
Mungkin sekarang game yang lagi naik daun ini ya, Clash of Clans. Kayaknya hampir kebanyakan gamers pasti memainkan game ini, termasuk anak-anak. Gue engga, hapenya gak support!

Karena hal ini, permainan tradisional makin jarang ditemui. 
Yang tadinya anak-anak main sambil ketawa bareng temennya, sekarang anak-anak main permainan sambil ngetawain gadget.
Yang tadinya adzan magrib baru pada pulang, sekarang, batre hanpdhone abis langsung ngebelain pulang ninggalin temen.
Yang tadinya tetangga sering marah kalau banyak anak-anak maen dihalamannya, sekarang, tetangga itu menyediakan charger gratis supaya halamannya rame sama anak-anak lagi. Miris, tapi emang gitu keadaan sekarang.

Padahal, banyak permainan seru yang bisa kita buat sendiri, bisa main dirumah, juga disekolah. Itu lebih seru, karena kita ada kontak langsung dengan orang lain, yang kalau kita ketawa, pasti temen kita ikut ketawa. Bukan ketawa sendiri liatin handphone.

Karena latar belakang udah terlalu panjang, gue jadi kayak ngegarap tugas akhir lagi, yaudah lah, langsung aja.

1. Bandilan

Alat permainan ini mungkin bisa dibilang cukup berbahaya buat anak-anak, tau kan kalau anak-anak suka asal mainnya. Waktu SD sepulang sekolah, biasanya gue sama temen-temen main ke kebon yang letaknya cuma beberapa meter dari rumah (sekarang udah jadi rumah tetangga), bandilan mungkin cukup berbahaya, tapi nyari bahan buat bikin bandilannya bahaya! Golok kadang piso, buat nyari kayu yang bentuknya pas'. Gue mah cuma nyari karetnya, si Rian (tetangga) yang berani bawa, potong-potong kayunya pake golok, padahal kita masih SD. 

Ada 4 orang waktu itu, gue, Rian, yuda, Aji, belusukan ke kebon nyari begituan. Udah beres, kita punya satu-satu, langsung nyari sasaran buat kita tembak, namanya kebon pasti ada aja burung mah, entah kacamata atau burung geraja, kita tembakin sampe sore, sambil nyari target lain, sampe lemah, dan adzan magrib berkumandang, baru pulang. 

nih bandilan, hih!

Tapi! sekarang anak SD lebih bahaya maennya, bukan golok, tapi cewe~

2. Topeng Kertas

Ini juga gak kalah seru kalau masih bocah, kalau sekarang gue malu maennya. 
Waktu SD, gue sering maen beginian sama temen sekelas, baja hitam-baja hitaman gitu, kejar kejaran pas istirahat, kadang ada yang jatoh pas lari deket wc, terus ada juga yang sembunyi di pohon cengkeh halaman sekolah, serius. Saking gak mau ketangkep, temen gue malah naek itu pohon, kan kampret.

Udah maen gituan, buku sidu yang tadinya tebel, langsung berubah drastis, miris.

dulu bukan helm GM

3. Engkle

Ini mah pasti gak asing yah, laki perempuan nimbrung kalau main ginian. Gue jadi inget si neng D. tetangga perempuan yang sekaligus sodara sodara sodara juga. Dia kalau ke warung kadang cuma pake kaos dalem sama kancut doang, lari gitu kewarung, dasar bocah yah. Sekarang beda, kewarung udah pake baju. :( 
karena itu gue kasih inisial aja.

Iya, udah maen gitu kita nimbrung jadi satu. Nyari halaman tetangga yang tanahnya enak buat dipake maen, sampe sore, sampe ibu-ibu mulai keluar buat ngegosok sip, gosip hehe, sampe bapa-bapa yang maen layangan. 

Sekarang mana ada, halamannya aja udah dipake buat nyimpen pot-pot bunga, ada halaman tetangga gue yang masih kosong, tapi banyak pasirnya, malesin, tau kan kalau setiap pasir pasti ada kembangnya.

yang bikin persatuan diantara lelaki dan perempuan waktu SD, udah gede, jaim-jaiman maenin hape

4. Egrang

Kalau main ini gue inget lecet-lecetnya, sampe sekarang gak bisa maeninnya -_-
Tapi seru pas nyari bambunya, blusukan ke kebon, kadang lawan anjing buat sampe ke bambu tujuan dan ngelawan nyamuk karena kita udah pada keringetan.

ngangkang, eh egrang maksudnya

Jadi itu gaes, beberapa permainan yang sekarang jarang lagi gue temuin di anak-anak sekarang.
Kalau ibunya bilang jangan ke kebon, kotor, banyak nyamuk bla bla bla. Padahal dibalik itu, anak-anak bakal nemuin kesenengannya dimasa kecil, karena masa kecil ceuma sebentar, ibu pasti tau itu.

Jadi buat ibu-ibu dirumah, biarin lah kalau anaknya maen ke kebon buat bikin sesuatu yang bisa dimaenin,tapi mana ada sih ya anak sekarang maen ke kebon -_-

Kampret nih, inget itu gue jadi pengen ke kebon, nyari kayu, bikin egrang, ketapel sama segala macem yang bisa dibuat pake itu.
Udah ah, gue ke kebon dulu, nyari kayu, bikin ketapel. bye






69 komentar: Leave Your Comments

  1. ditempat lu namanya bendilan, di tempat gw jepretan namanya
    biasa buat ngejepret burung yang kena malah genteng tetangga
    abis itu kabur
    .
    kalo topeng kertas seringnya main di sekolah pas sd
    awalnya minta dibikinin tapi lama2 akhirnya saya mahir dan sukses jadi pengusaha topeng kertas
    dua topeng satu ringgit
    .
    engkle, kalo disni taplak gunung namanya
    saya udah sering dapet medali emas dari permainan ini loh
    .
    kalo egrang belum pernah mainin
    jujur aja yah saya itu bukan tipe orang yg suka memainkan perasaan orang lain loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalimat terakhirnya itu kode keras bang Er.

      ACIYEEEE

      Hapus
    2. medali emas apanya, yang ada dapet keringet, hih -_-
      tapi seru ya.

      Hapus
    3. kode buat apa lan ?
      gue masih normal T.T

      Hapus
  2. apaan itu gambar yang terakhir ?? unik juga itu hehehe

    udahlah sob zaman kecil loe dan gue cuma tinggal kenangan ajah. sekarang ini udah jarang yang kayag gitu. main-main, ketawa-ketawa sama temen dan gak pulang kalo gak adzan maghrib. jadi rindu gue sama masa-masa itu, ketika main pakek dalem dan tank top ajah dan itu ngak malu sama sekali, coba kalo gitu sekarang

    kalo bandilan ditempat gue namanya "setipan". paling enak dimainin pas waktu pulang sekolah, panas-panas pergi ke sawah buat nyari burung. apa ajah burung bakal di tempat termasuk burung temen (jangan di tiru kalo ini). hehehe

    pakek buku sido buat main topeng. gue ngak bisa buat gituan dan pasti nyuruh temen gue yang buatin. kadang pakek sarung kayag ninja :D

    engkle atau "pak-pakan" ditempat gue mayoritas cewek dan banyak cowok yang gengsi kalo mainan ini.

    kalo engrang dari kecil sampai sekarang ngak pernah mainin dan semua anak di daerah gue juga gak pernah mainin.

    mainan anak sekarang lebih extrem, main hati dan main perasaan joon :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha
      nah gue juga kadang gitu, maen ke sawah, kadang ke cipangku (tempat pemandian) buat nyari burung, belum pulang kalau langit masih terang.
      iya yah, tapi gue sekarang masih pengen main permainan ini, tapi sayang ga ada temen yang mau. :3

      main perasaan ? lu oernah dimainin ? eh, haha :v

      Hapus
  3. jaman sekarang emang gitu erd, menyedihkan. orang kumpul nongkrong bareng sibuk ama hp nya anak kecil juga gitu pada main game canggih.

    waah itu masa kecilku banget dulu sering banget ttuh main bandilan kalo ditempatku namaya plinteng kalo main gitu dlu sering banget kena genteng terus dimarah,seruuu. nyari kayu yang bagus juga yang melengkung mlengkung bawahnya. sekarang anak sd udah sam cewe gitu.
    ini jadi mengingatkan ke masa lalu waktu kecil ooeyy.
    berarti masa kecil mu bahagia juga erd.

    topeng kertas mainan sambil kejar-kejaran.
    egrang seruu juga dulu belajarnya seharian terus lincah sampe bikinya juga bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya no, bahkan sepupu gue yang masih TK aja maenannya Tab, ya kadang tetep sih main keluar sama temennya. tapi yah, jaman gue dulu umur segitu, taunya tamagoci doang.
      topeng kertas menurut gue yang paling konyol waktu dulu mah :v

      Hapus
  4. Yang baca flappy birdnya masa aku ngakak coba, sentuh dikit naik sentih dikit naik. Emang si Flappy itu burung gampangan ya..

    Itu bisa jadi ide bisnis tuh, nyediain halaman plus colokan. Tiap setengah jam ditarif 1000 rupiah, lebih mantep lagi kalo disediain wifi. Tapi emang sih, aku sering ngeliat anak-anak kumpul sambil bawa gadget terus pamer dia sudah eth berapa gitu.

    Masa kecilku berarti surem dong ya, cuma pernah main engkle doang. Gak engkle doang sih, harusnya disebutin juga kek petak umpet, gobak sodor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, emang gampangan dia tuh :v

      biar rame sama bocah dan juga dapet untung gitu ya pake tarif haha
      iya kan, anak sekarang mah canggih-canggih pokoknya.

      itu pernah gue posting juga ki :D

      Hapus
  5. untung saya mah bukan anak sekarang.

    udah di liat email nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya da sekarang mah udah bapa-bapa :( haha *ikum
      udah mang, aku tinggal daftar ulang hungkul euy. pake e-mail lain ya mang ?

      Hapus
  6. jiah.. jadi inget masa-masa ingusan saya aja nih
    Bandilan? kalau disini namanya patte (bahasa makassar) dulu gunanya buat nangkep burung di sana adu bidik siapa yang bisa dapet banyak burung, iya burung bukan yang itu loh yah

    Dulu juga saya rajanya main engkle, semua jenis bentuk udah saya rasain tapi kalau sekarang mah anak-anak sekarang jangankanmain engkle, tau cara mainnya aja pada bingung. bener-bener jaman dah berubah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jorok lu ingusan. hahaha
      iya, basa sunda sih bandilan. patte? emang bahasa mana itu ?

      setujuuu! pasti gapada tau cara mainnya gimana kalau anak sekarang, gak kayak kita :v

      Hapus
  7. Tapi gak semua anak kayak begitu kok di. Gue beberapa hari lalu main2 ke komplek sebelah. Main basket di lapangannya sore-sore. Ternyata di sana masih banyak anak-anak cowok lg main bola. Gak ada yg pegang hape sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sih gak semua, us. tapi makin jarang kan anak seumuran gitu yang main permainan tradisional ? haha

      Hapus
  8. anak sekarang mah mainannya lewat dunia digital sama dunia maya mas kayak dota PB dll.. yang harusnya bermain permainan tradisional karena lebih mendidik

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu juga maen dota, ya ? haha
      selain mendidik, interaksinya sesama anak juga pasti terjalin. emang sih maen game online juga ada interaksi, tapi sebatas chat, belum tentu didunia nyata mereka seasik ngobrol di chat

      Hapus
  9. Sialan. Flappy bird dikatain gampangan. Eh tapi iya sih. Disentuh aja udah naik, apalagi ditidurin. Eeeh :(

    Buset dah anak-anak sekarang lebih butuh colokan charger yak. Paraaaah. Sampe segitunya tetangga kamu.

    Yang topeng kertas lucu, Di. Yang enggrang, aku dulu suka main. Seru banget. Apalagi kalau sok-sok mau ngelangkah lebar-lebar. Bolehlah nanti kapan-kapan kita ngangkang bareng, eh enggrang bareng maksudnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, emang gampangan dia, ca :(
      pernah juga buat topeng gituan ? bisa dipake tuh kalau kita dipanggil acara 18+ ca haha
      eh, emmm ngang.. oh, egrang, gue kira apa -___-

      Hapus
  10. Teknologi udah kek pedang bermata dua ya bang er, di satu sisi kita nggak bisa lepas dari mereka disisi lain lambat laun mulai mengikis permainan tradisional masa kecil kita..
    Bahkan nanti pihak perusahaan game bakal nyiptain game untuk permainan Engklek dan Enggrang .., -__-

    Bandiln, kalo di jawa timur namanya Plintengan bang, FYI aja sih .. muahaha ..
    Gue gak pernah bikin topeng kertas, paling langsung beli sama abang2nya, dulu murah cuma 500 perak bisa dapet topeng ..
    Kalo engkelk cuma bisa maen waktu lomba 17-an, soalnya jarang banget ada yang punya sih ..
    masih banyak permainan2 jaman dulu yang perlu digali bang ..
    Yoyo, kwartet, tmebak2an dari debog pisang, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah setuju, ka.
      bagus juga sih kalau misal perusahaan game ada yang nyiptain game tradisional, tapi, pastinya gak se seru didunia nyata, ka hahaha
      iya ka, masih banyak banget permainan dulu tuh, gue ingetnya segitu doang, nanti gali lagi dah

      Hapus
  11. Ketapel itu nama lainnya bandilan? Oh, baru tahu. Hahaha. Kalo engkle itu di tempatku namanya taplak, Er. :D
    Gue dulu pas SD nggak bisa mainan egrang. Ngeri gitu sama ketinggian. Soalnya gue SD kontet. :(

    Pokoknya yang gue inget, dari SD-SMP gue pulang pas azan Magrib. Nggak pernah maen bawa hape. Hahaha. Hape selalu ditinggal di rumah. Gak begitu penting juga, sih, dulu hape buat apa. Beda kayak sekarang, ya. Kampret. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. basa sunda sih, bandilan. haha
      sekarang bisa. yog ? gue dari dulu sampe sekarang cuma bisa liat sambil kagum sendiri, tapi gabisa, kampret kan -_-

      iya lah, sd jaman lu mah hape belum ada game onlinenya kan ? haha
      iya, beda sama sekarang. ketinggalan sebentar udah panik kayak ada gempa.
      tapi yang paling serunya maen bola, adzan magrib serasa peluit wasit, yog :v

      Hapus
  12. Njiiiiiir lu, Er. Bisa aja yang masalah flappy bird si burung gampangan (sentuh dikit naik, sentuh dikit naik). Hahahaha.

    Gue ngerasa bersyukuuuur banget. Waktu kecil gue masih jumpa dengan permainan-permainan yang lo sebutin di atas. Cuman, namanya beda.

    Kalau di tempat gue, Bandilan disebut setik. Biasanya untuk nangkap burung di hutan. Kalau Engkle, di tempat gue di sebut Cekatak kepak. Aneh kan? Ya, tapi itu juga bentuk permaiannya.

    Itulah kadang, gagdet bisa mendekatkan yang jauh, tapi bisa juga menjauhkan yang dekat. Serba salah jugak sih. Nggak mau pakai gaggdet, nanti kudet. Kalau pake gagdet, ya jadinya yang kayak lo ceritain di atas. Intinya, harus seimbang aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngahahaha :v

      iya bener, di. kesannya dapet maen permainan tradisional tuh, serunya beda sama maen permainan online.
      gue juga bingung sih ya, gadget udah jadi kebutuhan juga. tapi kalau sampe anak sekarang jarang ada yang maen permainan tradisional, sayang banget lah. masa iya nunggu di klaim negara lain dulu, baru permainan tradisional up lagi, kan gak seru.

      Hapus
  13. Lah gue abru tau bang kalo ketapel itu namanya bandilan. Gue nggak pernah bisa main ketapel. Jepretin karet ke orang aja gagal mulu. Hahaa

    Engkle. Duh mainan gue waktu kecil banget bang. :'D Pulang-pulang ntar kaki jadi luka-luka kena batu.
    Segitunya ya bang perjuangan nyari bambu buat egrang. Kereenn
    Ada lagi bang, main gundu dan lompat tali. Favorit banget waktu kecil. Aaaaakk jadi kangen masa kecil :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu, basa sundanya sih, lan haha

      seru ya, lu kalau maen gituan, lelaki juga pada ikut? ditempat gue nimbrung semua kalau udah maen engkle. seru lah pokoknya haha.
      iya, lan. waktu itu sih sebelah rumah kan ada kobong (pesantren) belakang kobong itu kebon lah, jadi tiap mau main yang harus nyari bahan ya ke kebon :v
      beda serunya haha.

      iya lan, masih banyak lagi, permainan seru dulu yang sekarang makin sedikit dimainin. :3

      Hapus
  14. Aaakh kampret :' jadi rindu masa kecil :' dulu pernah main ketapel buat nembak orang :( wkwkwk topeng kertas sama engklek juga hits banget dulu pas aku SD :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, lu parah feb :v
      orang jadi terget, tapi kalau pelurunya buah jambu yang masih kecil itu sih gak apa-apa, asal jangan batu haha
      iya, pas sekarang mah engga hits ya ? haha

      Hapus
    2. Habis buat mengisi waktu luang sih dulu :' . Jadi inget pernah dimarahin juga gara-gara asal nembakin orang yang lewat dipinggir jalan :(

      Kayaknya udah enggak hits lagi :'

      Hapus
  15. Keren artikelnya mas :)

    Betapa bahagianya menjadi generasi 90an :)

    SMARTPHONE: mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas :)
      ya, begitulah.

      PERMAINAN TRADISIONAL: Menyenangkan masakecil, punya cerita banyak pas udah besar :)

      Hapus
  16. Bhahahakk, ketapel :))
    Dulu mainnya gue betengan dong, kalau nggak apa itu ya namanya gue lupa, jadi alatnya cuma bola tenis sama kereweng/pecahan genting nah pecahan gentingnya itu ditumpuk terus siapa yang tugasnya ngelempar bola harus ngerubuhin tuh pecahan genting, kalau gagal jadi penunggu kereweng. kalau rubuh terus lari ngehindarin bola yang dilempar dari penunggu tadi tugas yang lari nyusun kerewneg tadi sampi ketumpuk lagi. wkwkwkw :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. :v
      di gue itu namanya papancahan yu, tumpukan genting yang disusun terus dilempar pake batu. kalau dilempar pake bola tenis namanya boyboyan.

      terus kitanya ngumpet kan ? oya, itu seru, yu, kalau yang jaga lagi nyari yang ngumpet, terus ada yang ngumpet keluar dari persembunyiannya, yang ngumpet bisa lari terus rubuhin genting yang udah disusun biar dia gak jaga lagi. :v

      Hapus
    2. Oh iya, bener. Namanya boy-boyan. Sama.
      Jangan-jangan kita jodoh nih bang. *ketjup*

      Permainan tradisional apa lagi yak yang keren. tau gobak sodor bang? wkwkwkw...
      Anak 90-an main ini nih kayaknya. Bruakakaka. Kalau ngak main karambol, pulang pulang muka putih akibat bedak, gara-gara kalah. Wkwkwkw...

      Btw, anak zaman sekarang mah main bukan cuma pas baterai handphone abis. Abang nggak tahu kalau sekarang setiap tempat, colokan jadi benda yang keramat? Wkwkwkw

      Hapus
    3. eh, sama ? jodong duh :3

      haha itu permainan SD gue yu, tiap istirahat kalau gak maen bola atau maenin topeng, maennya gobag haha

      setuju yu!
      beda waktu 90's mah, keramatnya adzan magrib haha

      Hapus
  17. Yes, udah pernah main semua permainan di atas :3
    Emg kampret anak-anak skrng sudah terkontaminasi dgn gadget...

    mungkin emg itu dpt dibilang kemajuan teknologi, tp kan...... #huff
    anak di kota sudah jarang main permainan yang klasik, mata tertuju ke gadget. kemana masa kecil indah ku dlu, knapa tidak bs dinikmati oleh anak jaman skrng.

    yang serem lagi pengaruh sinetron, ngajarin anak kecil buat pacaran. smoga KPI dpt melarang acara2 yg punya pengaruh buruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa kecilnya bahagia berati *toss

      haha begitulah, gak salah juga sih kalau ngomongin teknologi yang smakin modern, tapi sayang juga kalau permainan tradisional harus tersisih dari dunia anak-anak.

      pengaruh sinteron, gue setuju!
      itu tuh yang bikin generasi jadi kampret, secara gak langsung ngajarinnya pacaran, segalamacem.
      ayo mention kpi/televisi suasta biar nayangin film kartun/atau yang mendidik alinnya. hahaha

      Hapus
  18. Gue pikir apaan bandilan, eh maksudnya ketapel. Dari semua permainan di atas gue g bisa main egrang. Gagal gue sebagai anak2

    BalasHapus
  19. iya, makin kesini makin kampret teknologi. walupun makin keren, tapi... teknologi menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. hmm, udah lama tau enggrang. tapi belum pernah nyoba sama sekali... penasaran sih :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan.. serbasalah juga kita kalau gak ngikutin perkembangan teknologi, jev.
      tapi permainan tradisional harusnya punya tempat dikalangan anak-anak, daripada ada yang klaim hahaha

      gue tau! tapi gabisa mainnya :'

      Hapus
  20. saya juga sangat menyayangkan hal ini, di kampung saya udah jarang ada yg maen maenan tradisional

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas, kampung saya juga gitu, sepi bocah yang main permainan tradisional. tetangga saya lebih milih main game online malah :3

      Hapus
  21. Bisa aja bang er. Flappy bird burung gampangan :( eh tapi iya juga sih sentuh dikit naik HAHAHA.

    Bandilan itu ketapel toh ya?
    Dari empat itu yang aku gak bisa cuma engrang. belom pernah sama sekali kayaknya euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kan, emang gitu :v
      tanya deh temen sekelas lu, di, pasti tau bandilan haha
      eh, sama ya *toss

      Hapus
  22. Mainan jaman dulu bikin kita jadi anak yang tangguh ya. Main diluar, panas-panasan, bau matahari.

    Anak jaman sekarang mah boro-boro, jempol aja makin gede karena mainan game.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, anak jaman dulu tangguh, tapi ketangguhan itu sekarang ilang kalau ngadepin cewe ngambek :v

      Hapus
  23. gue mah pulang kalo udah oleng, sob! : ))

    BalasHapus
  24. Jadi nostalgia gini. Kangen juga yah. Sekarang jarang main gituan karena lapangannya juga gak ada. Jarang banget ada ;apangan luas yang bias multifungsi, bias dipake main engkle, enggrang, gundu, de el el

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah, ben. makin kesini kebutuhan manusia buat bikin rumah makin banyak, tempat maen juga makin dikit, duh

      Hapus
  25. paling seneng main engkleeee. enaknya jadi anak jaman dulu, kuat main panas-panasan seharian sampe rambutnya jadi merah. lah anak sekarang mah boro-boro panas-panasan, main ular tangga di dalem rumah aja udah ogah, mending main gadget :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. merah alami gitu ya, nis haha
      gitu lah hebatnya anak jaman sekarang, gakmau warna rambutnya jadi merah :'

      Hapus
  26. Wahahahaaa.. Ketawa dulu ah, ngetawain flappy bird. Wkwk

    Kak Erdi emg rmhny di mana sih pas msh SD? Kyaknya kebonnya bnyak bgt.. Etapi emg dlu mah bnyak kebon sih, trmsk di daerah rmhku. Mau nyari bambu, kayu2 apa gtu gmpang. Lah skrg?-__-

    Wah, bandilan bhs sunda ya? Baru tau aku. Maklum lah, aku org sunda kelamaan di bekasi :'D wkwk. Bhs umumnnya mah ketapel. Dlu prnah jg sih dpt tgas praktek pas SD disuruh bkin ketapel. Emg bener nyri bahan2nya yg ribet, nyari karet ban jg. Biasanya tmen2 sih pd make buat ketapelin mangga ttangga smpe jatoh. Wakakak

    Dlu jg ada maenan dri bambu trs diisi krtas yg udh diaerin, trs maen tembak2an deh. Seru tau :D
    Klo egrang blm prnah maen, di sini ga prnah ada yg bkin._. Palingan bakiak sering pas 17an.

    Itu yg maenan yg loncat2 satu kaki namanya engkle? Apa petak jingkle ya? Tp aku nyebutnya dampu bulan. Ah, entahlah apa aja. Seru jg maen itu. Sama maen karet dah, karet 1, karet 2. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumah aku dikebon lu :3
      tapi sekaran udah jadi kota hahaha

      iya, bahasa sunda itu bandilan, kalau indonya mah ketapel ya.
      banyak kan sebutan-sebutan untuk permainan tradisional. kaya berarti indonesia haha

      Hapus
  27. Oh bindilan.. itu ketapel ya.
    itu bapak bapak harvestmoon siapa namanya yang lagi nyari kayu ? punya ku dulu aku namain 'jack'

    Aku dulu paling suka main engkle sama anak anak ciwi ciwi, sekarang tiap pulang kampung gaada tuh yang main begituan :( sedih yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius ? gue juga namain Jack dikarakter utama harvestmoon ini haha :v

      bentar, anak ciwi-ciwi itu yang kaya gimana ? soalnya tiap daerah suka beda nama gitu, la :3

      Hapus
  28. dulu suka maen kehutan terus mancing sama nyari buah buahan liar yang ada di hutan. seru banget euyyy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sawah juga mas kalau aku, mancing belut sama beunteur. beunteur itu ikan yang kecil ekcil itu loh haha

      Hapus
  29. Belum pernah main engraaang. Padahal mau banget nyoba dari dulu. Kayaknya seru jadi tinggi gitu. Hohoho. Hmmm kalo ditempat gue namanya ketapel tuh bandilan. Bikin karetnya dari ban dalem bekas, minta ke bengkel sepeda. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain, di. kalau gue gamau nyoba. :v
      iya berati sama, bandilan. pernah ditembakin ke orang ga? hahaha

      Hapus
  30. bandilan kalo di tempat gue namanya katapel.iya gak ada nama versi daerah. Haha...dulu kalo main engkle sering di kata in banci,padahal umur gue waktu itu masih 6 tahun...padahal mah gak apa-apa kan ya cowok main gituan. Apa salahnya cowok normal kayak gue waktu kecil mainnya lompat tali sama gambaran yg bisa dipakein baju.*eh

    Tapi zaman emang selalu berubah,dulu kita main gituan paling dikatain cemen sama orang jadul,mereka waktu kecil mainnya sama belanda, tembak tembakan.:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah emang kadang gitu, tapi umur segitu mah bodo amat kan kita dipanggil apa juga, yang penting seneng haha.
      kebangetan kalau main itu, eh tapi gpp sih, secara, jaman sekarang mah udah gak ada lagi permainan kayak gitu.

      Hapus
  31. Gue bersyukur,,,waktu kecil sempet mainin 4 permainan diatas...jadi kasian sama anak generasi sekarang yang blom tentu pernah ngerasain 4 mainan diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. masakecilmu bahagia berarti!
      iya, sayang padahal kalau semua permainan tradisional hilang gitu aja, gue takut kalau nanti ada yang klaim kayak batik dulu :v

      Hapus
  32. Di hp gak ada games, waktu kecil juga gak main yang ada diatas kecuali engklek itu. Mungkin aku tipe orang yang ga suka permainan kali ya. Aku anaknya gasuka dimainin juga kali ya. Taulah :(

    BalasHapus
  33. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |


    Prediksi Bola
    Kumpulan Berita Menarik
    Nonton Film Dewasa
    Bandar Bola
    Agen Bola
    Agen Casino
    Agen Bola Terpercaya
    Main Dominoqq
    Agen Poker
    Bandar Ceme
    Agen Capsa
    Agen Poker Terpercaya
    Nonton Film Online

    BalasHapus