BREAKING NEWS
Loading...

Gerhana Matahari 9 Maret 2016

Awal Maret jadi awal berubahnya suara gue jadi agak besar, kayak bocah baru akhil baligh, tapi enggak, kemarin-kemarin gue kena sakit tenggorokan yang awalnya ngerubah suara, jadi sakit pas nelen makanan, sariawan juga, elah, lengkap lah penyakit sekitar rongga mulut yang gue punya, tapi alhamdulillah, sekarang udah agak mendingan juga, tinggal sariawan yang belum ilang, gak enak. Kita pasti tau, kalau setiap... setiap apapun lah, pasti ada manfaatnya buat kita, buat gue khususnya, selama 4 hari itu, gue bisa total berhenti ngerokok sama ngopi, sama tidur cepet, manfaat banget~

Awal Maret ini, Indonesia bakal jadi tuan rumah buat fenomena alam Gerhana Matahari. woooo. Emang sih udah mainstream ini berita, tapi gue mau up lagi biar tambah inget, terus kalian penasaran dan bisa observ langsung tentang fenomena mengagumkan ini.

ilustrasi gerhana matahari total, tapi aslinya pasti lebih bagus~

Sebelum 2016 ini, Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah untuk Fenomena Gerhana matahari pada tahun 1983 silam, namun, banyak rumor yang mengatakan bahwa efek gerhana matahari sangat bebahaya sehingga masyarakat banyak yang tetap diam di rumah, bahkan sampai mengunci pintu dan jendelanya, karena mereka takut akan efek dari gerhana matahari tersebut.

Rumor ini tentu sangat disayangkan oleh Thomas djalaludin. "Padahal, Matahari sama seperti yang kita lihat kok. Yang membahayakan itu, kalau kita tidak berhati-hati melihatnya," katanya. [ 1 ]

Nah, tahun 2016 ini, tentunya menjadi Gerhana matahari yang bisa dibilang sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta astronomy, bagaimana tidak, gerhana matahari terakhir yang melintas di Indonesia sudah sangat lama, yakni 33 tahun lalu. Gue aja belum jadi embrio waktu itu, ibu sama bapa aja mungkin masih pacaran juga, gak kepikiran buat hubungan diluar nikah, ini apa -_-

Gerhana matahari tahun 1983 juga disiarkan langsung oleh TVRI, yang waktu itu masih jadul-jadul gemesin lah. Nih..



oOo


Gerhana Matahari total tahun 2016 ini bakal melintasi beberapa Provinsi di Indonesia, yang di antaranya adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara juga dilintasi. Namun, tidak semua daerah di provinsi itu dilintasi jalur totalitas gerhana. [ 2 ]

Adapun daerah daerah lain yang bisa menikmati fenomena gerhana matahari ini, walaupun hanya gerhana sebagia, gak total, tapi kayaknya gak kalah seru juga.

Dimulai dari Pulau Sumatera.

1. Aceh 70%
2. Sumatera Utara 77%
3. Riau 90%
4. Sumatera Barat 95%
5. Kep. Riau 85%
6. Jambi 98%
7. Bengkulu 98%
8. Lampung 92%


Pulau Jawa, gue nih~

1. Banten 89%. Kalau bentuknya nilai, 80% udah dapet A nih, berarti bagus lah walaupun cuma gerhana sebagian~
2. Jakarta 87%. Kemarin sempet liat berita juga gue di TV, kalau Jakarta bakal jadi tempat singgah para turis manca negara yang bakal ambil andil dalam observ Gerhana Matahari ini. Mereka pake kapal pesiar mewah, itu yang bikin gue kagum~
3. Jawa Barat 85%
4. Jawa Tengah 82%
5. Jawa Timur 80%
6. Daerah Istimewa Yogyakarta 82%
7. Bali 77%



Pulau Kalimantan

1. Kalimantan Barat 95%
2. Kalimantan Timur 98%
3. Kalimantan Utara 83%
4. Kalimantan Selatan 98%

Enak itu Kalimantan tengah :3


Pulau Sulawesi

1. Sulawesi Utara 95%
2. Sulawesi Tenggara 90%
3. Sulawesi Barat 98%
4. Sulawesi Selatan 88%
5. Maluku 87%
6. NTB & NTT 75%

Keren nih Pemprov Sulawesi bagian mana gue lupa, kemaren baca artikelnya kalau mereka ngadain acara bersih-bersih lokasi observ buat nyambut Gerhana Matahari, kegiatan itu diikuti lebih dari 300/400 orang warga asli dan para turis lokal maupun manca negara. Salut


Pulau Papua

1. Papua Barat 73%
2. Papua 70%


Nah, ini keseluruhan wilayah yang dilintasi gerhana matahari total.


Adapun kendala dalam menikmati fenomena gerhana matahari ini, apa ? iya mantan. cuaca maksudnya. Cuaca bisa jadi musuh bagi para pecinta Astronomy yang akan menikmati keindahan fenomena alam ini. Nah, jauh sebelumnya, BMKG sudah mengeluarkan prakiraan cuaca untuk nanti tanggal 9 Maret 2016.

Untuk cuaca, Avatar bisa tayang lagi di tv~

Nah, jadi gimana ?
Tertarik buat jadi pacar a... Tertarik buat ikut observ fenomena Gerhana Matahari ini ?
Jangan lupa pengaman! kacamata filter matahari maksudnya, buat info lebih banyak tentang fenomena ini, kamu bisa buka langsung situs >> Info Astronomy

Seperti biasa, ada bonusnya~



:3


86 komentar: Leave Your Comments

  1. Itu gerhana mataharinya ngelintasi provinsi2 di indonesia emangnya ngapain bang?

    BalasHapus
  2. WEEEW Provinsi gw dapet 98% Bang Er :'v O.K Fix, jadi sisa 2% yang ngeganggu 1% Cuaca, 1%-nya lagi Mantan.

    kalau gerhana gw mau ngapain yak ? hm paling di rumah aja deh, takut buta saya bang. Bukan, bukan buta gara-gara gerhana. Tapi buta, gegara ngeliatin mantan lagi mesra-mesraan ama pacarnya sambil ngeliat gerhana :'v. Eh, emang gw udah punya mantan ? hmm ini masih menjadi sebuah misteri

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalau mantan liat gerhana bareng pacarnya jadi 98% nya gangguan, nikmat liat indahnya gerhana jadi 2% har :v

      Hapus
  3. Wogh,, ini yang ditunggu-tunggu akhir-akhir ini. Lebih ngehitz berita ini ketimbang beritanya saiful jamil :v

    Berarti ini gerhana matahari bisa dilihat diseluruh Indonesia, cuma yang gerhana total cuma bisa dilihat di provinsi tertentu. Siap-siap aja tanggal 9 nanti banyak blogger yang nulisin tentang gerhana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, menurut gue fenomena ini pantes buat kita tunggu, secara, gerhana ini cuma ada di indonesia dan selang 33 tahun sekali kejadian ini, ki \m/

      Hapus
  4. sebenernya gw malah kagum sama yg masukin berita TVRI kedalam youtube, walaupun agak jelek, tapu serius gw tonton, bisa aja dapet rekamannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gue juga kagum sama video tvri yang di unggah ke youtube, kerasa dapet bener jaman dulunya :v

      Hapus
  5. Wah keren tuh. Pengen liat langsung tapi aku masih sayang sama dia, eh sama mata maksudnya. Ntar bahaya kan kalo buta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan, mantan bukan buat diliat, tapi dikenang, dikenangnnya jangan terus-terusan tapi, eh ini apa ._.

      Hapus
  6. Paling gue tunggu tunggu nih. Untung bisa diliat lewat balikpapan. Jadi gak sabar dah. Apalagi pas tanggal merah nih kayaknya, seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga.
      pastinya seru ben, yang ini cuma ada di indonesia soalnya \m/

      Hapus
  7. Jadi kita yg dipulau jawa masih dapet gerhana ini walaupun g 100% gitu? Wah.. Jadi penasaran.

    Btw kata ibuku pas kejadian gerhana dulu orang2 tua pada mringatin anaknya buat g keluar rumah, ditambah bunyi lesung padi buat ngingetin kalo ada gerhana

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pit, masih dapet walaupun cuma gerhana sebagian.

      pasti gara-gara isu '83 lalu tuh, yang bikin gerhana di indonesia cuma sebagian kecil warga yang liat.

      Hapus
    2. kalau g salah gerhana matahari sebagian tuh g gelap2 banget, malah bisa terang benderang, bisa bilang gini soalnya di papua dulu lumayan sering kena gerhana matahari sebagian gitu deh, seingetku aku lihat gerhana matahari sebagian itu 2x pas di papua sono.

      Hapus
  8. Alhamdulillah tempatku kena 95%. Lumayanlah masih bisa gelap-gelapan. Eh.

    Counting down ke tanggal 9~

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir sempurna tuh bu dok, enak lah 95% mah.
      gelap-gelapan di rumah, iya ? -_-

      Hapus
  9. ini nih lagi hitz banget nih diperbincangkan. bahkan temen-temenku aja udah pada ribut ngomongin ini dan mau persiapan untuk lihat gerhananya, padahal kan Surabaya juga nggak kena total juga hehe.

    oh iya, btw gerhana besok bertepatan juga dengan perayaan nyepi yaa. kalo semisal Indonesia kedatangan turis untuk observasi bagus lah itu, siapa tahu salah satu bule ceweknya bisa dibawa pulang ke rumah haha.

    jadi pengen ga sabar nunggu 9 Maret, soalnya ini momen yang terjadinya beberapa tahun sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha baguslah, berati temenmu pengen jadi salah satu yang masuk dalam sejarah gerhana 2016 ini, beuh~

      barengan sama nyepi ? gue gatau malaha ._.
      kalau bule cewenya boleh lah, kali aja karena fenomena itu status gak lagi lajang haha.

      Hapus
    2. iyaa, mereka emang penasaran banget gitu, soalnya kan terjadinya emang beberapa tahun sekali.

      yaelah, lihat noh di tanggalan.
      nah boleh tuh, siapa tau bisa in relationship juga sama si tuh bule haha

      Hapus
  10. Di Kalimantan Timur bisa sih, tapi cuma Balikpapa aja kalau nggak salah. Samarinda kayaknya nggak bisa. Apa harus aku cari gadun supaya bisa ke Balikpapan naik kapal pesiar? :(

    Hahaha apa-apaan tuh, Di. Ada video larva. Ciyeeee kamu suka Larva yabg kuning itu yaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kamu kalimantan mana ca ?
      tapi lumayan loh, masih kalimantan berarti presentase gerhananya lumayan tinggi walaupun gak total, apalagi kalau liat gerhananya bareng zai :v

      eh, itu bonus ca, aku suka yang kuning, kalau yang merah mah kampret karakternya haha

      Hapus
  11. Hitzz banget lah.
    katanya jawa gak kena? eh gimana si? bodo ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kena dib, kena, tapi sebagian. lumayan lah, asal jangan hati, yang dikasih cinta cuma sebagian~

      Hapus
  12. Lah aku baru tau bang, di Riau 90%
    Aku nggak pernah lihat yang begituan bang. Hahaaa kalo malam, mending tidur sih.
    Beda sema temen-temen aku, mereka banyak banget yang antusias dengan gerhana ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mante, lan, hampir full berarti \m/
      nah, itu juga bisa jadi kesempatan kamu buat liat suasana malam diwaktu siang :D
      temenmu udah keren berarti, jadi salah satu diantara mereka atulah

      Hapus
  13. beuh! Yang dijawa nggak bisa liat. Dan kayaknya juga bisa ladang rejeki nyewain penginapan, haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tapi cuma sebagian, gak full.
      bisa juga jadi lahan usaha :v jadi, langsung bangun penginapan, el ?

      Hapus
  14. Ibuku mendengar berita bakal ada gerhana matahari total langsung deh over protektif, kalau katanya jangan liat langit nanti bisa buta. haha bukanya malah di dengerin tapi malah ketawa sendiri ibu bilang kek gitu.

    Btw, info disini lengkap bangeeed duh rajin deh nulisnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lah wid, jangan, nanti buta.
      elah ini anak, ibu ngomong malah pengen ketawa, kalau gue denger gitu langsung pengen minta duit buat jajan :(

      infonya belum lengkap malah yang ini haha, makasih wid \m/

      Hapus
  15. Jakarta kebagian juga gerhananya?

    BalasHapus
  16. Er, elu entar ngeliat GMT-nya pake apaan? gue takut kenapa-kenapa ini kalo ngeliat langsung meski udah pake kacamata item. apa ngeliatnya dengan tutup mata aja kali, ya, biar aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue liat streaming paling, haw haha.
      nah, masukanmu lebih aman itu, udah gitu tidur, beuh mantep kan -_-

      Hapus
  17. Wah, provinsi gw dpat 88% gokil.
    tpi mau liat sma siapa ya? Sma rumput yg brgoyang keknya seru nih.

    Kali aj dpat kekuatan kyak difilm nya gerhana dtaun 2000-an, stu kali kejang smua orng trlempar, hahahh, lumayan buat lmparin alarm klo pagi.

    gw gk prlu pngaman mas, mata sya udah telatih ngeliatin mntan matahari di stiap 25 dtakan jntung. Ckep. Hahahh

    Oiya, artikelnya kren bnget, informatif (y)

    bdw, grhana mtaharinya kpan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantep tuh, hampir gelap.
      eh iya, baru inget gue kalau pernah ada film gerhana hahaha
      sering liat mantan ? aman banget buat lliat langsung, gak perlu takut kalau buta.

      eh, makasih, il. tanggal 9

      Hapus
  18. Hebat ya bang, indonesia bisa jadi tuan rumah. Semoga bisa menjadi tuan rumah yg baik.

    Gila.. lengkap amat ya bang. Skripsi aja gak selengkap kayak gini. *apaan si bawa2 skripsi! Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah berasa baca landasan teori kan ? haha

      Hapus
  19. gerhana matahari emang lagi rame diperbincangkan. fenomena astronomi langka, ada jangka waktu yang cukup lama untuk bisa melihatnya kembali. tapi sayangnya, wilayah jakarta nggak kebagian men... percuma deh mau beli kacamata di boscha juga. rada iri sama orang-orang yang berdomisili di bengkulu sama di jambi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapet sebagian juga mantep jev, gelapnya setengah haha

      Hapus
  20. Bangke, ngapain ada larva disitu? Btw di Jawa Timur cuman 80% jadi nggak bisa ngerasain sensasi gelap-gelapan di siang hari. Keren tuh di Sulawesi sama Kalimantan, bisa tiba-tiba gelap gitu trus terang lagi. Ntar pas gerhana matahari gak ada yang jadi srigala kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gelap sebagian doang kayaknya haha.
      jadi kuda, bukan srigala~

      Hapus
  21. Masih jadi trending topic di mana-mana.. Ibukku juga pernah cerita kalo di tahun 1983 pas jamannya ibukku SMA juga pernah ngerasain gerhana matahari total. Katanya juga waktu itu ngga menikmati fenomena itu soalnya disuruh sembunyi di bawah meja gitu, takut kenapa-napa :D

    Jawa timur kena sebagian.. Setidaknya aku bisa ngerasain fenonena ini.. Meski gak gerhana matahari total. Kalo ada fenomena ini lagi, mungkin 30 an tahun lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, berarti ibumu salah satu orang yang kena rumor kalau gerhana itu berbahaya. padahal bahayanya cuma didapet kalau kita liat langsung haha.

      iya, fenomena ini lumayan lama, 2049 baru lewat indonesia lagi katanya

      Hapus
  22. ini momen buat praktik....praktik sholat gerhana..jangan sampek tertinggal
    dulu waktu masih kecil ada wacana lihat gerahna bikin mata buta..
    tapi kini itu udah berlalu..
    kita bisa liat besok
    gerhana bakal datang..dan kita sabut dengan sholat
    bukan untuk disembah lo yah...
    sebagai sarana kekaguman atas fenomena alam yang diciptakan Tuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih loh mas, udah ngingetin.
      saya juga sebetulnya inget, kalau terjadi gerhana, sebaiknya kita mengikuti sunnah rasul, yaitu tadi, salat gerhana.
      tapi tenang, ini cuma info tentang gerhana matahari kok.

      Hapus
  23. Di sau sisi, senang juga Indonesia bisa menjadi tuan rumah acara fenomena langka ini. Di satu sisi, ngga senang, karena ini bukan perayaan, ini peringatan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini emang bukan artikel perayaan, ini cuma artikel tentang info gerhana!

      Hapus
  24. Wiiihhhhh lengkap yaaa infonya... :)
    Jawa Timur cuma 80% nih tapinya... tapi lumayan laahh bisa ngeliat dikit.

    Meskipun ini fenomena yg bakal jarang banget terjadi, tapi jangan sampe berlebihan lah yaa kita buat nanggepinnya. Menikmati seperlunya aja.

    Buat yg muslim, kalau sempat besok solat sunnah gerhana laah.. biar kita juga inget kalau fenomena ini juga sebagai salah satu bentuk kekuasaan Allah SWT..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak nanggepin lebih kok mbak, 2 menit gak terlalu berlebihan buat nanggepinnya haha.
      yah, sebaiknya gitu, ngikutin sunnah rasul kalau ada gerhana.

      Hapus
  25. Cepet sembuh bro penyakitnya..
    Oiya sempet baca tuh tahun 1983 gerhana matahari di Indonesia seperti bahaya yang mencekam sehingga masyarakat memilih tetap dalam rumah. Sayang ya peristiwa tersebut terlewatkan begitu saja pada waktu itu. Pada tahun ini makanya rame banget diperbincangkan karena Indonesia seakan tidak mau melewatkannya begitu saja karena kebodohan di masa lalu itu.
    Kota saya tercinta tidak mendapatkan gerhana total seperti wilayah lain. Meskipun saat gerhana matahari nanti lebih baik jangan hanya dilihat saja, tapi kerjakan juga ibadah yang dianjurkan seperti sholat gerhana

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, makasih.
      waktu itu rumor tentang bahaya gerhana matahari udah terlanjur tersebar luas, jadinya gitu, sebagian kecil aja orang yang mengamatinya.
      bagus juga, ngikutin sunah rasul buat salat gerhana.

      Hapus
  26. Yey!!! Riau 90%... Apa gue harus Keknya gue bakalan beli ROLL FILM biar bisa ngeliat...

    Sebenarnya, gue juga penasaran alias pengen banget ngeliat secara langsung. Tapi, apalah daya. TErkadang, ada hal yang selalu gue lewatkan begitu saja. Ya, ini bukan tanpa alasan. KArena banyak alasan.

    Meskipun gue bakalan stay home aja. Tetap gue akan memperhatikan perkembangannya. Gak bisa lihat langsung, hasil lihat punya orang, jadilah... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga paling liat streaming ru, gak punya filter buat liat langsung haha

      Hapus
  27. Alhamdulillah gerhana kali ini tidak menyebabkan bencana, terima kasih ya rab sudah memberi keselamatan kepada hambamu ini.

    BalasHapus
  28. He eh langka banget nih peristiwa.. ntar tahun 2023 an baru kejadian lagi katanya ya.
    Syukur deh kalo kalian pada sempet jadi saksi sejarah hari ini. Soalnya saya ketiduran dan tak ada yang membangunkan, tau-tau sudah jam 8 pagi... heeuuuu :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, syukur kalian yang liat itu fenomena, gue bangun jam 10 malah :v

      Hapus
  29. makin heboh yang bicarain gerhana ini, makin bagus buat ni negara...
    kan jadi dikenal makin luas :D
    tapi gue ga sempet liat, ketiduran. ahahha sama nih, sakit tenggorokan demam, flu.. -_- komplit bener satu paket..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nilai plus nya indonesia bisa sekalian promosi isi dari negara ini, dan gue juga sama, gak liat haha

      Hapus
  30. Akh kampret lu Di, udah seneng lo bilang 85% di Jabar
    kemarin gue nungguin gak ada gelap-gelap'a -_-
    masih cerah & panas kaya biasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jabar lu mana kisanak ? Jabar kota di Vietnam kali ya ? -_-

      Hapus
    2. Iya, Tasikmalaya, Jawa Barat Gue Di.
      Apaan Vietnam? Paraguay dong (Parapatan Gunung Roay) :p

      Hapus
    3. Di Vietnam juga ada loh jabar :v
      oh urang tasik, enak bisa ngerti kalau gue post pake bahasa sunda haha

      Hapus
  31. kemaren jadi banyak meme yg ngeledekin LDR gitu ya.

    bulan ama matahari aja ketemu. masak lu ga ketemu2..

    hohohoo...

    kemaren di riau sampe ada yg jualin kacamata nya loh.. gue ga beli sih.. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya haha, gue gak abis fikir sama meme yang begitu, bisa bisanya mereka bikin yang kreatif kayak gitu. :v

      Hapus
  32. Yahh, nyesel banget gue lainnya heboh nungguin gerhana matahari tapi gue cuman guling2 di kasur sambil liat siarannya doang di tipi..tapi ternyata kata temen gue emang jadi kayak maghrib gitu pdahal jam stengah 8 pagi...dan malahan kamu ceritainnya sampe latar belakang dan kejadian yang lakh juga...padahal ntar pas ada lagi belum tentu gue masih idup. Ya sudahlah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak liat lewat tv, gue liat bekasnya aja lewat twit orang yang lewat haha

      Hapus
  33. gerhana kemarin bener-bener keren banget bro. gak nyesel gue begadang cuman buat biar telat nonton gerhana. Apalagi respek warga makassar ngadain shalat gerhana di losari asli ini berasakayak lebaran.
    btw, itu videonya channel "kok bisa?" yah? videonya asli keren-keren tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat lewat video yang diunggah ke yutub lebih keren haha.
      Oya, video di kok bisa emang keren-keren, simpel, gampang ngerti tentang apa yang mereka bahas.

      Hapus
  34. Maluku gak menuju 100% nih? Kemaren liat di tipi dan baca berita online, di daerah sama paling keceeee.

    Tapi ya entahlah aku mah cuma mager dikasur sambil liat tipi, buka jendela dan nengok foto gerhana di sosmed wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga enak, fasy.
      Gue jam segitu masih tidur :v

      Hapus
  35. Lama ga mampir dimarih header dah gorilla ajah erd #lucukk

    Gmt ya? Gue ketinggalan fonh, gue kesiangsn karena malemnya banyak bgadang
    Tp pas ngecekin yutub teman2...merinding disko takjub ma fenomena langit yg tiba2 jadi gelap

    BalasHapus
    Balasan
    1. lucu kan ? haha :v

      sama mbak, gue aja tidur karena malemnya rondain rumah, pas masuk siang baru gue cek yutub buat liat gmt itu haha

      Hapus
  36. Apalah gue, mau salat gerhana aja ketiduran. Terus pas kebangun, gue malah tidur-tiduranan doang, Er. Hahaha. Terus mantau jokes-jokes di Twitter tentang gerhana. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue aja cuma ngepost info GMT nya yog gak sampe liat langusng itu fenomena, jam segitu gue masih tidur soalnya :v

      Hapus
  37. Jogjaa cuma kena 82% ya :D pantes kemarin cuma redup doang Jogja :D wkwkw aku pas di dalem Masjid sih ._. kelar shalat gerhana, matahari udah silaaaaau banget ._. padahal katanya masih gerhana itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentar, jadi lu solat gerhananya bukan ke kiblat feb, tapi ke arah jendela ? tau redup gitu haha :v

      gue malah tidur jam segitu, duh

      Hapus
  38. Gue gak sempeet liaat dong -___-
    Udah gue tungguin padahal, eh dianya gak lewat-lewat depok, jangan-jangan gerhananya nyasar karena alamat palsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss ajalah vir, toss.
      gue juga gak liat, lebih enak tidur pas waktu gmt :v

      Hapus
  39. Ini moment yang tidak terlupakan :)

    BalasHapus
  40. Kemaren pas Gerhana-nya lewat, di tempatku keliatan jelas banget. Sampe takjub liatnya, keren :3

    BalasHapus
  41. Lagi-lagi gerhana, aku gak liat gerhana. Aku masih bobok tjantique :(

    BalasHapus
  42. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus