BREAKING NEWS
Loading...

Gambar Digital Puppeter dalam Animasi 2D



Animasi stop motion (claymation) adalah animasi yang memanipulasi gambar agar suatu benda mati dapat bergerak sendiri tergantung dalam perhitungan frame. Disebut animasi stop motion karena, objek bergerak sedikit demi sedikit lalu difoto menjadi frame individual.

Salah satu jenis animasi stop motion adalah wayang atau boneka atau puppet. Jenis animasi stop motion ini biasanya melibatkan tokoh boneka, wayang, atau figur lainnya yang merupakan penyderhanaan dari bentuk alam yang ada.

 

A.      Animasi Stop Motion 2D

1.        Pengertian animasi stop motion

Animasi stop motion adalah teknik membuat animasi/film/movie yang dibuat seolah olah potongan potongan gambar menjadi saling berhubungan satu sama lainnya sehingga membentuk suatu gerakan bahkan cerita. Disebut animasi stop motion karena objek bergerak sedikit demi sedikit kemudian difoto menjadi frame individual, serangkaian frame menciptakan ilusi gerak yang dijalankan sebagai urutan kontinu. Animasi stop motion diciptakan dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, kemudian diambil gambarnya dengan kamera tetap, dan dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya.

 

2.        Cara kerja animasi stop motion

Mengharuskan animator mengubah adegan posisi atau tampilan secara fisik, dengan memfoto satu persatu frame , mengubah adegan, posisi atau tampilan lagi dan memfoto satu frame lagi, dan seterusnya. Komponen yang harus ada dalam animasi stop motion adalah frame. Frame merupakan satuan terkecil dalam video. Frame dapat di ibaratkan dengan kertaas HVS yang didalamnya digambar 1 adegan atau tampilan, misalnya dalam satu animasi terdapat 3 frame, berarti ada 3 gambar atau 3 adegan atau 3 tampilan. Pada program flash, frame dimisalkan seperti kertas HVS yang telah digambar. Contohnya apabila frame diperpanjang sebanyak 5 frame, maka dimisalkan seperti 5 HVS dengan gambar yang sama. Apabila mengubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut, karena frame tidak dapat berdiri sendiri.

 

3.        Jenis jenis animasi stop motion

a.         Animasi Cut Out

Teknik animasi yang digunakan untuk membuat sebuah animasi, dimana cara pembuatanya adalah dengan membuat potongan potongan gambar yang sesuai dengan yang di inginkan. Animasi ini dibuat dengan alat peraga dan karakter datar. Latar belakang yang digunakan biasanya terbuat dari kertas atau kain tergantung pada keperluan.





 

b.         Animasi Clay

Jenis animasi stop motion ini menggunakan clay atau tanah liat atau bahan bahan elastis lainnya seperti lilin lilin yang bisa dibentuk sebagai objek gerakan. Clay atau tanah liat biasanya diubah menjadi bentuk bentuk objek atau karakter.






B.        

0 komentar:

Posting Komentar